Sunday, January 22, 2017

Tiga Film Yang Berkesan Bagiku


Anehnya, bagi saya pecinta drama korea garis keras, saya tidak suka dengan film karena film menurut saya kurang detail dan kurang bikin baper. Tapi ini ada tiga film yang mampu menarik minat saya untuk menontonnya.


*** Ice Age : Collision Course

sumber : google, kata kunci : ice age collison course
Ice age merupakan salah satu film animasi yang saya suka. Saya suka semua seri film ice age, tetapi yang sangat berkesan pada ice age seri collision course. 

Film ini menceritakan tentang Manny, dkk dalam menyelamatkan bumi dari ancaman meteor. Dalam seri ini Manny dan Ellie sudah punya anak perempuan bernama Peaches. Tokoh lain yang turut meramaikan film ini adalah Julian, kekasih Peaches.

Peaches merupakan sesosok gajah perempuan yang tangguh, mandiri, dan mempunyai rencana yang matang dalam segala hal. Sifat Peaches tersebut bertolak belakang dengan Julian. Julian agak sedikit penakut—terutama kepada Manny dan selalu berpikir sederhana dan tanpa rencana. Sifat itulah yang tidak disukai oleh Manny.

Ketika Peaches sudah mulai beranjak dewasa, Manny—ayahnya—tidak lagi mendapatkan perhatian Peaches sepenuhnya. Peaches lebih memperhatikan Julian—kekasihnya—daripada Manny. Hal ini juga yang membuat Manny tidak bersahabat dengan Julian karena Julian dianggap tidak mampu melindungi dan membahagiakan Peaches bahkan dianggap sebagai makhluk yang tidak memliki perhitungan yang matang. Tetapi anggapan Manny ternyata salah, karena Julianlah yang mampu membuat anaknya bahagia meskipun Julian tidak sepenuhnya sanggup melindungi Peaches. Julian yang selalu melakukan tindakan tanpa perhitungan matang ternyata bisa bekerja sama dengan Manny untuk menyelamatkan bumi dari meteor dan akhirnya Manny merestui hubungannya dengan Peaches.

Film ini merupakan salah satu film yang membuat saya terkesan karena terdapat pesan moral di dalamnya. Pesan moral yang ditampilkan adalah bagaimana sosok seorang ayah—yang digambarkan pada Manny—menginginkan yang terbaik untuk anak perempuannya, bagaimana manusia menilai sesuatu, dan bagaimana cara agar kita tidak terseret pada arus perubahan yang ada. 

Seorang ayah pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Hal ini ditunjukkan pada saat Peaches mengenalkan Julian pada Manny. Manny bertingkah tidak bersahabat dengan Julian agar Julian menunjukkan keseriusannya terhadap Peaches. Manny juga tidak mengijinkan Peaches pergi berdua dengan Julian untuk mengelilingi dunia karena Manny menganggap Julian tidak akan bisa melindungi Peaches. Hanya Manny lah yang bisa melindungi Peaches.

Manusia juga selalu menilai apapun dari apa yang mereka lihat pada sisi luarnya saja tanpa perlu mencari tahu sisi dalamnya. Manny menilai Julian hanya dengan melihat cara berjalan Julian di atas lapisan es. Julian tidak dapat berjalan di atas lapisan es dengan benar. Hal ini lah yang menyebabkan Manny pada awalnya tidak merestui hubungan Peaches dengan Julian. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu, Manny akhirnya merestui hubungan Peaches dengan Julian.

Pada dasarnya perubahan selalu ada. Dan arus perubahan sangatlah kuat dan cepat. Dalam film ini ditunjukkan bahwa sebaiknya kita tidak melawan arus perubahan tersebut. Kita tidak memiliki cukup tenaga dalam melawannya, yang dibutuhkan adalah melepaskan arus perubahan pada jalan yang benar.

Pesan moral tersebut dibungkus dengan rapi dan menarik sehingga penonton mampu menangkap pesan moral yang dititipkan lewat film ini.

** Finding Dory


sumber : google, kata kunci : Finding Dory

Sekali lagi film animasilah yang saya pilih. Saya memang suka menonton film animasi. Tapi baru akhir-akhir ini saja saya meresapi pesan yang ada pada film. Sudah memperoleh hidayah sepertinya.
Film animasi garapan Pixar Disney ini mampu menarik perhatian sekaligus memotivasi saya dalam mengerjakan tesis. Oke, ini film ada nyebelinnya lagi asik-asik nonton eh ingat tesis kan jadi nggak tenang nontonnya.

Bagaimana cara film finding dory mengingatkan saya pada tesis? Begini ceritanya...

Ada salah satu adegan pada film ini yang menceritakan bahwa Dory dengan tidak putus asa tetap mencari ayah dan ibunya yang sudah lama terpisah. Dory mempunyai keterbatasan dalam hal mengingat. Ternyata Dory pada film Finding Nemo sedang tersesat dan akhirnya pada Finding Dory diceritakanlah tentang bagaimana Dory bisa bertemu dengan Marlin—Ayah Nemo.

Dari sifat Dory yang tidak putus asa dalam mencari orang tuanya asalkan dia tetap berenang Dory percaya pasti akan menemukan orang tuanya yang terpisah. Dan ternyata kepercayaan Dory terbukti, Dory berhasil bertemu dengan orang tuanya meskipun rintangan selalu menghadang.

Dory itu sebenarnya nggak bisa ketemu orang tuanya—karena keterbatasan dalam mengingat—tetapi karena Dory mau, tidak putus asa, dan tetap berusaha akhirnya bisa bertemu dengan orang tuanya. 

Sifat mau, tidak putus asa, dan tetap berusaha itu lah yang memotivasi saya untuk tetap mengerjakan tesis meskipun rintangan selalu menghadang. Rintangan mahasiswa tingkat akhir itu macam-macam, mulai dari dosen pembimbing yang susah ditemui, dosen pembimbing yang memberi solusi aneh-aneh, hasrat ingin main lebih tinggi daripada tumpukan revisi, dan keinginan nyemil lebih besar dari biasanya. Intinya mau, tidak putus asa, dan tetap berusaha pasti bakalan selesai itu tesis.

*Single

Sumber : google, kata kunci : Single

Satu-satunya film indonesia yang terlintas di kepala saya ketika ditanya tiga film yang paling berkesan. Ini saya terkesannya bukan karena judul film dan status saya sama lho ya.


Film ini adalah film pertama yang memberanikan diri untuk mengajak adik bontot saya nonton. Artinya film ini aman untuk adik saya yang masih umur 13 tahun. Film ini cocok untuk semua umur. Nggak ada adegan aneh-aneh.
 
Pesan moralnya juga banyak di film ini. Tapi gara-gara dulu masih belum begitu memperhatikan pesan moral di film yang saya ingat, kalau bahagia itu nggak selalu harus dengan pasangan dan meskipun kita sudah berteman lama nggak perlu sampai terlalu mengurusi kehidupan teman kita.

itu tiga film yang berkesan bagiku? bagimu??

-sekian-




*** #10DaysKF hari kelima : "tulis 3 film yang paling berkesan buatmu dan jelaskan kenapa berkesan"

No comments:

Post a Comment